Pengertian Hewan Mamalia Adalah : Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Posted on

Pengertian Hewan Mamalia Adalah : Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya – Pada saat SD, mungkin kita sudah mengenal bahwa semua hewan yang melahirkan dan menyusiui anaknya disebut dengan hewan mamalia.

Pengertian Hewan Mamalia Adalah  Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya
Pengertian Hewan Mamalia Adalah Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Namun, ilmu semakin berkembang hingga diketahui jika hewan mamalia ada yang bertelur yakni berasal dari kelompok monotremata.

Pada hewan monotremata memang berkembang biak dengan cara bertelur namun golongan hewan ini memiliki kemampuan untuk menyusui anaknya karena memiliki kelenjar susu dalam tubuhnya.

Lantas, sebenarnya apakah yang dimaksud hewan mamalia? Berikut penjelasannya!

Pengertian Hewan Mamalia

Mamalia merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin “Mamae” yang berarti menyusui. Sehingga, para ilmuan sepakat bahwa semua hewan yang memiliki kelenjar susu adalah hewan mamalia.

Kebanyakan hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan dan memiliki ciri – ciri seluruh tubuhnya tertutupi oleh rambut.

Dalam tingkatan hewan, hewan mamalia sendiri menduduki posisi tertinggi. Hewan ini bisa bertahan hidup pada berbagai habitat dengan cuaca yang ekstrim misalnya seperti di kutub atau di sebuah padang pasir.

Persebarannya di bumi ini >5000 spesies. Sementara, di Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 165 spesies endemik pada suatu wilayah.

Ciri Hewan Mamalia

Hewan mamalia memiliki ciri utama yakni mempunyai kelenjar susu. Tidak hanya itu saja, masih banyak bagian tubuh lainnya yang bisa menjadi ciri – ciri hewan mamalia antara lain :

  1. Bertulang belakang
  2. Seluruh tumbuhnya ditumbuhi rambut
  3. Bernafas dengan paru – paru
  4. Jantung terbagi menjadi 4 ruang (2 serambi dan 2 bilik)
  5. Memiliki anggota gerak yang berguna untuk berjalan, memanjat, berenang
  6. Berdarah panas
  7. Mempunyai telinga
  8. Mempunyai sistem peredaran darah tertutup

Klasifikasi Hewan Mamalia

  • Ordo Primata

Primata merupakan ordo mamalia yang memiliki jari besar dan panjang. Jari – jari primata ini digunakan untuk memanjat atau mengambil makanan.

Berdasarkan makanannya hewan dalam ordo ini digolongkan sebagai omnivora atau pemakan segala. Contoh hewan dari ordo primata adalah gorilla, monyet, orangutan dan kera.

  • Ordo Marsupialia

Ordo Marsupialia adalah sekelompok hewan mamalia yang memiliki kantung di perutnyayang berguna untuk menyusui dan membawa bayi mereka. Contoh hewan dalam ordo Marsupialia adalah koala, kanguru dan kuskus.

  • Ordo Dermaptera

Dermaptera berasal dari kata Derma yang memiliki arti sebagai  Kulit, dan Ptera yang berarti Sayap

  • Ordo Karnivora

Hewan dalam ordo Karnivora digolongkan karena kegemarannya memakan daging hewan lain.

Hewan dari ordo ini memiliki ciri yakni bertaring tajam dan memiliki cakar untuk menangkap mangsa. Contohnya adalah singa, harimau, anjing, beruang.

  • Ordo Insektivora

Ordo Insektivora memiliki ciri – ciri fisik, matanya tertutup, memiliki cakar yang tebal dan kuat, telapak bagian depan melebar.

Seperti namanya, hewan dari ordo Insektivora gemar memakan serangga, cacing dan hewan kecil lainnya. Contohnya adalah cecurut dan tapir.

  • Ordo Rodentia

Ordo Rodentia adalah mamalia pengerat dimana gigi seri hewan rodentia terus bertumbuh sehingga memungkinkannya untuk selalu mengikis giginya agar tak terlalu panjang menembus rahang. Contoh hewan Rodentia adalah tikus, tupai, kelinci dan hewan lainnya.

  • Ordo Chiroptera

Ordo yang satu ini memiliki kaki depan yang berukuran lebih besar dibandingkan kaki belakangnya. Jika tidak diperhatikan dengan seksama, fisik hewan golongan Chiroptera ini mirip sekali dengan ordo Demoptera. Contoh hewan Chiroptera adalah kelelawar.

  • Ordo Cetacean

Ordo ini merupakan kelompok mamalia yang habitatnya di perairan. Kelompok hewan ini tidak menyusui anaknya meskipun dalam tubuhnya dilengkapi dengan kelenjar susu. Contohnya adalah lumba – lumba, paus.

  • Ordo Lagomorpha

Ordo Lagomorpha merupakan kelompok mamalia pemakan dedaunan, buah atau hijauan. Contohnya adalah kelinci, tupai.

  • Ordo Proboscidea

Ordo Proboscidea adalah kelompok hewan mamalia yang memiliki alat penghisap seperti belalai. Contohnya adalah seluruh spesies gajah.

  • Ordo Perisodactyl

Ordo Perisodactyl merupakan kelompok hewan mamalia yang jumlah jari kakinya ganjil. Contoh hewan dari ordo Perisodactyl adalah keledai dan kuda.

  • Ordo Artiodactyl

Dalam ordo Artiodactyl merupakan kelompok mamalia yang jumlah jari kakinya genap. Contoh hewan artiodactyl adalah sapi, kambing, unta, kijang dan jerapah.

  • Monotremata

Golongan monotremata merupakan mamalia yang berkembang biak dengan bertelur. Meskipun bertelur, kelompok hewan ini juga menyusui anaknya.  Contoh hewan monotremata adalah Platypus.

Contoh Hewan Mamalia

Adanya ciri – ciri kelenjar susu dalam tubuhnya, membuat hewan mamalia mudah dibedakan dari hewan lainnya.

Spesies hewan mamalia tersebar di seluruh belahan bumi dan beradaptasi dengan lingkungan hidupnya dengan baik seperti di laut, sungai, gurun, gunung, daratan dan kutub es. Di bawah ini adalah contoh hewan mamalia berdasarkan tempat hidupnya :

  • Contoh mamalia pada habitat sungai adalah platypus dan berang – berang
  • Contoh mamalia pada habitat darat adalah kelinci, landak, tikus, harimau dan lainnya
  • Contoh mamalia pada habitat laut adalah lumba – lumba, paus, anjing laut
  • Contoh mamalia pada habitat gurun adalah unta, gerbil, jerboa, landak gurun
  • Contoh mamalia pada habitat kutub adalah beruang kutub dan singa laut
  • Contoh mamalia pada habitat gunung adalah kijang, anjing hutan, kambing gunung

Demikian ulasan tentang hewan mamalia. Diharapkan ulasan di atas dapat mempermudah memahaman kita tentang pengertian mamalia dan perbedaan mamalia satu dengan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *