Pengertian Hewan Karnivora Adalah : Ciri, dan Contohnya

Posted on

Pengertian Hewan Karnivora Adalah : Ciri, dan Contohnya Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karnivora. Istilah ini merujuk pada kebiasaan makan suatu makhluk hidup.

Pengertian Hewan Karnivora Adalah Ciri, dan Contohnya
Pengertian Hewan Karnivora Adalah Ciri, dan Contohnya

Namun, selama ini banyak orang mengartikan bahwa hewan karnivora pasti hewan buas. Lalu, apa itu pengertian karnivora yang sebenarnya ?

Pada artikel kali ini, akan kami jabarkan pengertian karnivora. Simak ulasannya di bawah ini !

Pengertian Hewan Karnivora

Makhluk hidup dibedakan menjadi 3 berdasarkan jenis makanannya yakni karnivora, herbivore serta omnivora.

Karnivora berasal dari kata dalam bahasa Latin yakni caro yang berarti daging dan vorare yang berarti makanan. Dari kata tersebut kemudian diambil pengertian, karnivora adalah sebutan untuk hewan pemakan daging.

Selama ini, kita semua menganggap hewan pemakan daging adalah hewan yang memiliki artian buas dan mampu menangkap mangsanya dengan baik.

Padahal tidak semua hewan karnivora adalah hewan buas. Contohnya adalah kucing yang merupakan hewan jinak yang menggemaskan dan digolongkan sebagai karnivora karena memakan daging hewan lain seperti ikan atau daging ayam.

Hewan karnivora dianugerahi dengan taring dan cakar yang berfungsi untuk menangkap mangsa.

Selain itu, ketajaman penglihatan, pendengaran dan penciuman juga dimiliki hewan karnivora. Hal ini juga menjadi penanda fisik antara hewan karnivora dan hewan herbivora.

Di alam bebas, hewan karnivora memegang tingkatan ketiga dalam piramida makanan. Tanpa adanya hewan karnivora, tentunya populasi produsen (tumbuhan) dan hewan herbivora akan berlimpah. Akibatnya, akan menyebabkan tidak seimbangnya ekosistem di alam.

Ciri Hewan Karnivora

Hewan memiliki kemampuan beradaptasi baik dengan lingkungannya atau dengan makanannya. Dari proses adaptasi tersebut, lama – kelamaan akan mengubah ciri fisik suatu hewan yang membedakan dengan hewan yang lainnya.

Hewan karnivora memiliki ciri – ciri antara lain :

  1. Mempunyai kemampuan berburu
  2. Memiliki taring yang tajam (pada burung elang, paruh termodifikasi menjadi bentuk yang runcing)
  3. Memiliki cakar atau kuku yang tajam yang berfungsi untuk merobek daging dan kulit mangsa
  4. Mempunyai kemampuan bergerak yang sangat cepat
  5. Panca indera terutama penglihatan, penciuman dan pendengaran berkembang dengan sangat baik
  6. Bertulang belakang
  7. Contoh Hewan Karnivora

Di sekitar kita sebenarnya ada banyak sekali hewan karnivora mulai dari yang berukuran besar hingga yang berukuran kecil.

Contoh Hewan Karnivora

Setelah kita memahami pengertian dan ciri  ciri hewan karnivora seperti penjelasan di atas, tentunya tidak sulit bagi kita untuk menemukan hewan karnivora di sekitar kita seperti pada contoh berikut :

  1. Singa

Hewan yang satu ini merupakan salah satu mamalia yang masuk dalam keluarga felidae, satu keluarga dengan kucing. Pada populasinya, singa betina cenderung lebih produktif dalam mencari mangsa dibandingkan dengan singa jantan.

Sementara itu, pejantan cenderung lebih pasif, tenang dan akan meminta hasil buruan pada singa betina. Selain kemampuannya berburu mangsa yang baik, singa memiliki kemampuan tidak bisa memanjat.

  1. Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan salah satu ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Meskipun melahirkan, tidak lantas membuat ikan hiu dijuluki sebagai hewan mamalia.

Ikan hiu tidak dilengkapi dengan kelenjar susu sehingga tidak bisa digolongkan sebagai mamalia. Hewan yang satu ini termasuk ke dalam hewan karnivora.

Konon, ikan hiu memiliki penciuman yang tajam sehingga apabila ada darah yang masuk ke dalam air, ia akan segera mencium bau darah dan menghampirinya.

  1. Ikan piranha

Ikan piranha merupakan seekor ikan karnivora yang sangat ganas. Ikan ini konon bisa memakan manusia karena memiliki gigi setajam silet yang digunakannya untuk merobek daging dalam hitungan menit.

Selain terkenal karena keganasannya, di daerah asalnya negara Brazil ikan piranha bisa diolah menjadi hidangan yang lezat.

Di beberapa daerah Amazon menganggap ikan piranha sebagai makanan yang bisa membangkitkan gairah seksual.

  1. Burung Elang

Dari spesies burung, kita memiliki burung elang sebagai hewan karnivora. Hewan ini memiliki ketangkasan untuk berburu hewan yang ukurannya lebih kecil seperti tikus, tupai, ular, dan hewan lainnya. Elang berkembang biak dengan cara bertelur dan termasuk dalam kelompok hewan berdarah panas.

  1. Komodo

Komodo merupakan hewan yang termasuk ke dalam jenis kadal terbesar di dunia. Di Indonesia, terdapat sebuah pulau yang terisolir dengan daerah lain dan menjadi habitat ratusan komodo yang dinamakan pulau Komodo.

Di dalam tubuh komodo terdapat kelenjar racun yang terletak di rahang bawahnya. Racun tersebut digunakannya untuk menghambat serta mencegah pembekuan darah pada korban ketika terkena gigitan komodo.

Selain racun, dalam air liur komodo juga mengandung banyak sekali bakteri yang akan menghabisi mangsanya dalam hitungan hari. Uniknya, racun dan air liur yang penuh akan bakteri ini tidak berpengaruh terhadap komodo lainnya.

Untuk menyelamatkan orang yang terinfeksi gigitan komodo, para peneliti masih berusaha mengembangkan dan menemukan antibody yang terdapat dalam darah komodo.

Nah,ulasan di atas merupakan penjelasan tentang pengertian, ciri dan contoh dari hewan karnivora.

Dari ulasan di atas diharapkan kita bisa menjaga kelestarian hewan karnivora baik yang liar maupun yang ada di sekitar kita karena hewan karnivora memiliki peran yang besar di dalam ekosistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *