Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia

Di kalangan pecinta ayam aduan, pasti sudah tidak asing lagi dengan Jenis Ayam Aduan terutama yang bukan ras asli dari Indonesia.

Ayam-ayam aduan yang berasal dari negara lain tersebut sebetulnya memiliki wujud yang tidak jauh berbeda dengan ayam kampung yang berasal dari wilayah-wilayah di Indonesia pada umumnya.

Namun karena kemampuan tarungnya yang tidak terkalahkan serta harus didatangkan dari negara-negara lain dan biaya pengobatan untuk mencegah virus-virus yang sering menyerang mereka, maka terkadang harga yang diberandol untuk ayam-ayam aduan tersebut sangat tinggi bahkan ada yang dijual dengan harga setara dengan mobil.

Harga ayam-ayam aduan tersebut akan semakin naik apabila sering memenangkan pertarungan aduan ayam yang diadakan oleh kalangan pecinta ayam aduan.

Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia

Berikut jenis-jenis ayam aduan di Indonesia yang paling mahal harganya namun tetap dikoleksi oleh sebagian besar orang terutama mereka yang merupakan para pecinta ayam aduan.

1. Ayam Peru

Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia
Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia

Ayam Peru atau Peruvian adalah salah satu jenis ayam aduan yang paling populer dan memiliki harga yang fantastis. Ayam ini memiliki fisik dan daya tahan yang jauh lebih kuat dibandingkan ayam-ayam sejenisnya.

Postur tubuh ayam Peru cukup besar dengan badan membungkuk, ekor membentuk huruf N dan kuping yang berwarna kuning.

Harga ayam ini cukup bervariasi, untuk anakan ayam Peru yang masih berumur enam bulan diberandol dengan harga Rp 5 jutaan sedangkan untuk ayam dewasanya bisa mencapai Rp 30 sampai 60 jutaan.

2. Ayam Bangkok

Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia
Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia

Ayam Bangkok juga termasuk ayam yang sangat terkenal dengan kepopulerannya di kalangan pecinta ayam aduan di seluruh tanah air. Keberaniannya bertarung hingga mati membuat ayam ini sangat terkenal.

Sesuai dengan namanya, ayam ini berasal dari Thailand karena negara tersebut memiliki kualitas ayam yang sangat baik dan telah diakui oleh para pecinta ayam aduan.

Akan tetapi, saat ini ayam Bangkok juga sudah dapat ditemui di Indonesia dan populasinya menyebar ke seluruh wilayah dan begitu populer di kalangan pecinta ayam aduan.

Ayam Bangkok memiliki bentuk tubuh agak besar dan gemuk. Bulu dari ayam ini juga sangat indah dan menawan.

Ayam ini dijual dengan harga yang cukup beragam, mulai dari Rp3 jutaan hingga puluhan atau ratusan juta rupiah.

3. Ayam Burma

Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia
Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia

Ayam birma atau ayam burma adalah salah satu jenis ayam aduan yang beberapa tahun belakangan sangat populer, ayam ini menjadi primadona bagi para penggemar ayam baik untuk dimanfaatkan sebagai ayam aduan ataupun hanya sekedar dijadikan koleksi atau hanya sebagai ayam hias.

Badan ayam ini tergolong relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam Bangkok. Bobot tubuh ayam ini kurang lebih 2,8 hingga 3 kilogram.

Meskipun memiliki badan yang lebih kecil, ayam ini mampu mengalahkan ayam yang memiliki badan berukuran lebih besar seperti ayam Bangkok.

Selain fisik yang kuat, ayam Burma juga sangat gesit  dan cepat ketika bergerak dan memiliki gaya dan tipikal tarung yang khas.

Itulah sebabnya banyak pecinta ayam aduan yang mengawinkan ayam ras ini dengan ayam Bangkok dengan tujuan agar mereka bisa mendapatkan ayam dengan tubuh besar dan kuat seperti ayam Bangkok serta lincah seperti ayam Burma.

Ciri-ciri ayam Burma adalah memiliki tanda berwarna putih pada bagian telinga, mata cembung yang tampak seperti melotot, tulang kaki kecil dan tipis, bulu sayap tebal serta panjang dan jeger yang berbentuk menyerupai tanduk ular.

Ayam Burma diberandol dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan ayam Bangkok yakni sekitar puluhan hingga ratusan juta rupiah.

4. Ayam Saigon

Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia
Jenis-Jenis Ayam Aduan Paling Mahal di Indonesia

Ayam asal Vietnam ini memang tidak sepopuler ayam Bangkok atau ayam Burma. Ayam ini kurang diminati oleh kalangan pecinta ayam aduan lantaran tidak segesit atau secepat ayam Burma atau ayam Bangkok di saat melakukan serangan.

Meskipun demikian, ayam Saigon memiliki postur tubuh yang bagus dan tulang yang kuat sehingga ketika diserang oleh ayam lain, ayam ini dapat bertahan karena daya tahan tubuhnya yang sangat baik.

Ciri khas utama ayam Saigon yang paling dikenal terletak pada bagian kepala hingga sebagian leher yang tidak berbulu. Ayam Saigon memiliki postur tubuh besar, tinggi dan tegap dengan bobot yang lebih berat dibandingkan ayam aduan lain.

Selain itu, ayam Saigon juga memiliki ciri-ciri bertulang kuat besar dan padat serta berekor pendek dan bulunya tipis.

Harga ayam Saigon masih ada yang berada di kisaran Rp 400 hingga 800 ribuan, namun ada pula yang sudah dijual dengan harga jutaan rupiah.

Demikian ulasan singkat mengenai jenis-jenis ayam aduan yang harganya paling mahal di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi yang tertarik dengan ayam aduan atau sudah lama berkecimpung di dunia ayam aduan.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Ternak Ayam Petelur

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *