9 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mempesona

Posted on

Jenis Ikan Hias Air Tawar – Ikan hias merupakan salah satu hiasan atau hiburan untuk memanjakan mata, karena itulah peminat ikan hias ini terus meningkat bahkan jika sebelumnya seseorang menyukai ikan hias untuk dilihat dan sebagai hiburan.

9 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mempesona
9 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mempesona

Kini sebagian sudah menjadikan objek yang bisa dimanfaatkan untuk meraih penghasilan yang cukup menggiurkan, karena peminat ikan yang harganya bisa mencapai puluhan juta ini terus meningkat dari tahun ketahun.

Bahkan banyak pedagang yang sebelumnya hanya menjual secara eceran sudah banyak yang mengembangkan usahanya dengan membudidaya sendiri, hal ini dilakukan karena sudah mulai banyak pedagang melihat usaha dibidang ini cukup menjanjikan.

Biasanya mereka yang sukses dalam usaha ikan hias ini kebanyakan berawal dari hobi yang kemudian berkembang menjadi usaha.

Bagi pengusaha pemula mungkin perlu banyak tahu tentang seluk beluk ikan hias ini, termasuk mengetahui tren ikan yang paling digemari para pencinta ikan.

Dengan melihat ikan hias yang paling laku dipasaran dan ikan hias yang paling dicari kita dapat meminimalisir kerugian, karena bisa jadi ikan tertentu hanya populer dalam waktu sesaat lalu menghilang dari peredaran, seperti beberapa waktu lalu ikan lohan yang sempat menjadi ikan hias air tawar primadona.

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar 

Berikut ini merupakan jenis jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Simak penjelasan berikut ini!

1). Arwana (Scleropages formosus)

Ikan Hias Arwana (Scleropages formosus)
Ikan Hias Arwana (Scleropages formosus)

Ikan arwana adalah salah satu spesies ikan asal asia tenggara yang memiliki paling banyak peminat sehingga ikan arwana memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Ikan ini memiliki badan yang cukup panjang; sirip dubur terletak jauh di bagian paling belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan.

Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:

  • Hijau, ditemukan di Vietnam, Malaysia , Birma, Thailand, dan Indonesia
  • Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
  • Emas, ditemukan di Malaysia
  • Merah, ditemukan di Indonesia

Pada tahun 2004 IUCN mengatakan arwana terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah”.

Jumlah spesies ini menurun dikarenakan terlalu seringnya diperdagangkan karena nilainya yang sangat tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia.

Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang sangat mahal untuk seekor ikan arwana.

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Arwana

2). Guppy (Poecilia reticulata)

Guppy (Poecilia reticulata)
Guppy (Poecilia reticulata)

Gupi adalah jenis ikan air tawar yang juga sangat populer didunia, di Indonesia sendiri jenis ikan ini tergolong mudah berkembang.

Gupi termasuk ke dalam kelompok ikan live-bearer (livebearing fish), yaitu jenis ikan yang memiliki intensitas perkembang-biakan yang cepat

Hal ini karena jenis ikan ini tidak mengeluarkan telur sebagaimana ikan lainnya, tetapi langsung melahirkan anak-anak ikan yang memiliki tubuh sempurna dan sudah dapat berenang sendiri serta mencari makan dalam hitungan jam.

Ikan live-bearer adalah ikan yang mudah untuk dipelihara dan diternakkan sebab ikan dari jenis ini dapat melahirkan dalam jumlah puluhan bahkan ratusan anak ikan tergantung dari usia dan ukuran indukannya.

Perlu diketahui bahwa ikan betina dapat menyimpan sel sperma dari ikan jantan didalam tubuhnya sehingga ikan ini akan dapat hamil kembali setelah melahirkan tanpa melalui proses perkawinan kembali.

3). Ikan Koi (Cyprinus carpio)

Ikan Koi (Cyprinus carpio)
Ikan Koi (Cyprinus carpio)

Banyak orang yang mengangap ikan ini bisa membawa keberuntungan. Banyak yang menyebutnya ikan mas koi karena ikan ini berkerabat dengan ikan mas tertutama oleh masyarakat indonesia.

Terdapat banyak jenis ikan koi, tiga diantaranya yang sangat terkenal disebut Gosanke koi. Yang termasuk Gosanke adalah :

  1. Kohaku, merupakan jenis ikan koi yang mempunyai corak warna merah di atas warna putih.
  2. Sanke, merupakan jenis ikan koi yang mempunyai corak warna hitam dan merah dibagian atas warna putih. Corak hitam tidak terdapat di kepala.
  3. Showa, adalah jenis ikan koi hitam dengan corak warna merah dan putih.

4). Ikan Cupang

Ikan Cupang
Ikan Cupang

Ikan cupang ini sebenarnya berasal dari negara daerah internasional seperti thailand, indonesia, brunei, malaysia, vietnam, dan singapura.

Ikan cupang ini merupakan ikan yang mempunyai tubuh yang mungil namun walaupun tubuhnya mungil ikan ini cenderung agresif jadi tidak bisa di satukan dengan ikan cupang lain.

Ikan cupang mempunyai keunikan lain yaitu ikan jenis ini mempunyai bentuk sirip dan ekor besar dan lebar, sering juga ditemui ikan cupang yang mempunyai ekor lebih besar dari tubuhnya.

Ikan cupang ini juga mempunyai 3 tipe yaitu ikan cupang liar, ikan cupang aduan, dan ikan cupang hias.

Untuk jenis ikan cupang liar kamu bisa temukan ikan cupang liar di tempat lain seperti di sungai ataupun habitat air tawar.

Ikan cupang tipe aduan merupakan ikan cupang yang di budidaya untuk di adu satu sama lain karena ikan ini agresif jadi ada juga yang menjadikannya aduan.

Yang terakhir adalah ikan cupang hias nah tipe ini lah yang sangat di cari oleh para penghobi ikan hias karena mempunyai keunikan kombinasi warna.

Baca Juga : Cara Ternak Ikan Cupang

5). Ikan Rainbow (Melanotaenia sp.)

Ikan Rainbow (Melanotaenia sp.)
Ikan Rainbow (Melanotaenia sp.)

Ikan rainbow ini mempunyai habitat asli di papua atau irian jaya dan juga bisa ditemukan di sulawesi. Ikan rainbow fish merupakan ikan khas dari danau ajamaru dan danau atinjau yang terletak di irian.

Sebenarnya ikan ini sering berada di perairan seperi rawa, sungai atau danau yang mempunyai air yang bersih.

Klasifikasi maupun morfologi dari ikan ini termasuk dalam Melanotaeniidae, dengan genus Glossolepis Species, ikan ini mempunyai nama rainbow atau pelangi karena mempunyai warna di tubuh seperti pelangi.

Ciri khas dari ikan ini adalah tubuhnya yang mini dan hanya bisa mencapai 15 cm, untuk ukuran ikan jantan dan betinanya sangat berbeda dengan yang betina lebih kecil dibandingkan yang jantan.

Bentuk dari ikan ini adalah pipih memanjang dan adanya 2 sirip pada punggungnya, mulut dari ikan rainbow ini kecil dan berbentuk seperti tabung. Ikan ini mempunyai warna yang mengkilap dan juga mencolok.

Kombinasi yang sangat menarik dari ikan ini membuat banyak sekali jenis ikan reinbow ini yang dibedakan dengan warna-warnanya.

Ikan ini juga cocok untuk dipelihara di aquascape maupun aquarium mini dan di satukan dengan ikan lain karena ikan ini sangat ramah dan tidak agresif.

Ikan yang cocok dengan ikan ini adalah ikan botia, ikan guppy, dan ikan molly.

6). Ikan Louhan

Ikan Louhan
Ikan Louhan

Ikan louhan ini juga merupakan ikan hias air tawar terindah dengan keunikannya yaitu terdapat benjolan yang ada di kepalanya yang juga menyebabkan ikan ini disebut juga ikan jenong.

Pada jenis ikan louhan lain juga mempunyai besar benjolan yang berbeda – beda tergantung pada jenis ikan louhannnya.

Dengan ukuran ikan louhan yang besar dan mempunyai ukuran sekitar 40 cm – 50 cm jadi anda perlu membuat aquarium yang besar jika ingin memelihara ikan louhan ini.

Ada beberapa jenis ikan louhan yang sering di pelihara yaitu ikan louhan kamfa, ikan louhan cencu, ikan louhan srd, dan ikan louhan bonsai.

Untuk harga ikan louhan ini sangatlah mahal untuk ukuran yang sudah dewasa namun jika anda ingin membeli yang lebih murah anda bisa membeli ikan louhan anakan.

Harga ikan louhan termahal bisa mencapai jutaan rupiah. Harga ikan louhan kamfa sekitar Rp. 850.00 sampai Rp. 3.500.000, harga ikan louhan jenis cencu sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 750.000, untuk ikan louhan jenis srd sekitar Rp. 400.000 sampai Rp. 1.500.000, dan untuk ikan louhan srd sekitar Rp. 400.000 sampai Rp. 1.500.000.

7). Ikan Lemon

Ikan Lemon
Ikan Lemon

Ikan lemon mempunyai nama latin yaitu Neolamprologus Leleupi dan ikan lemon ini juga termasuk dalam ikan cichlid.

Ikan ini mempunyai ciri khas warna yaitu kuning cerah seperti warna kulit buah lemon. Namun seperti yang sudah disinggung sebelumnya ikan in sangat buas, suka menyerang ikan lain, dan juha agresif.

Karakter yang buruk lainnya adalah ikan lemon ini sangat rakus dalam hal makanan.

Semua makanan yang akan kamu berikan di aquarium pasti dimakan oleh ikan ini. Hal tersebut memang bagus untuk ikan ini sendiri namun bagaimana ikan lain yang 1 aquarium dengan ikan lemon ini ?

Bisa saja ikan lain akan mati karena kelaparan. Sifat yang lebih berbahaya lagi adalah kanibalismenya yang suka memakan ikan-ikan yang lebih kecil ukuran tubuhnya.

Namun dibalik sifat buruknya ikan lemon ini mempunyai warna yang cerah dan sangat indah. Ikan ini juga termasuk mudah untuk dipelihara karena kebal dalam segala penyakit, tidak memerlukan perawatan khusus dan mempunyai tubuh yang pas.

Ciri-ciri dari ikan lemon ini adalah mempunyai sirip yang berwarna hitam di bagian punggung, pada pangkal sirip punggung mempunyai garis putih yang memanjang dari punggung sampai ke punggung belakang, pada ujung sirip punggung warnanya kuning cerah, sirip di perut berwarna hitam transparan dan kuning, dan mempunyai warna dasar kuning cerah atau orange kemerahan.

8). Ikan Rtc

Ikan Rtc
Ikan Rtc

Ikan rtc ini mempunyai kepanjangannya yaitu ikan Red Tail Catfish atau biasa disebut dengan lele ekor merah perpaduan ekor dan tubuhnya sangat kontras dan hal tersebut membuat ikan ini sangat digemari untuk di pelihara. Jika warna ekor semakin merah maka umur ikan ini semakin panjang.

Ikan ini juga mempunyai ukuran bisa mencapai 1,8 meter dengan berat mencapai 80 kg dan umur ikan ini mampu mencapai 20 tahun.

Ikan ini termasuk dalam kategori ikan omnivora atau pemakan segalanya jadi ikan ini masuk dalam kategori ikan predator namun ikan ini mampu hidup dengan jenis ikan catfish lainnya loh.

Ikan ini juga tidak mudah mati maupun sakit bahkan jamur atau panu pun tidak bisa mematikan ikan ini.

Namun ikan ini mempunyai mitos loh yaitu jika memakan ikan ini yang mempunyai warna hitam maka kamu akan mendapatkan sial seumur hidup, mitos ini terkenal di negara india.

9). Black Ghost

Black Ghost
Black Ghost

Ikan black ghost yang berasal dari perairan hutan amazon dan juga suriname. Ikan ini mempunyai banyak sekali sebutan ada yang menyebut ikan black ghos knifefish karena bentuknya yang seperti pisau, ada yang menyebutnya ikan bulu ayam karena bentuk seperti bulu ayam, dan ada juga yang menyebutnya sebagai ikan penari balet karena jika berenang gerakannya sangat lincah.

Ikan ini disebut sebagai ikan black ghost karena ikan ini mempunyai warna hitam yang kusam dan warna putih yang ada di ekor, ikan ini juga pada siang hari akan sering bersembunyi dan jika sudah malam hari ikan ini akan keluar dari persembunyiaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *