4 Cara Ternak Bebek Terbukti Berhasil

Posted on

Cara Ternak Bebek – Saat ini, ternak bebek sangat populer di kalangan para pengusaha. Pasalnya, permintaan daging bebek terus bertambah dari waktu ke waktu.

Padahal dahulu, bebek hanya difokuskan diambil telurnya sedangkan dagingnya sangat jarang digunakan karena daging hanya akan diambil saat produktivitas bebek dalam bertelur mulai menurun.

Namun saat ini, para pengusaha mulai fokus pada telur dan daging. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara beternak bebek untuk pemula, simak ulasan berikut !

Pertama ketika kita akan beternak bebek, sama seperti beternak hewan lainnya kita harus mengenal jenis – jenis bebek terlebih dahulu karena tentunya harga jual bebek dari masing – masing spesies sangat berbeda.

Setelah itu, peternak bisa mulai menyiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk beternak bebek agar berjalan secara optimal.

Cara Ternak Bebek

1). Mengenali jenis bebek

4 Cara Ternak Bebek Terbukti Berhasil
4 Cara Ternak Bebek Terbukti Berhasil

Banyak masyarakat menganggap itik dan bebek adalah sama. Namun, ternyata antara keduanya memiliki perbedaan yakni itik memiliki tubuh lebih ramping menyerupai botol, lincah dan jalannya tegak.

Sementara itu, bebek memiliki ukuran tubuh lebih lebat, cara berjalan secara horizontal dan gerakannya pun lambat. Nah, ini juga menjadi poin penting mengapa kita juga harus mengenali jenis –jenis bebek.

Bebek memiliki beberapa jenis sebagai berikut :

  • Bebek Pedaging

Seperti namanya, bebek ini banyak dimanfaatkan untuk diambil dagingnya karena pada bebek pedaging, dagingnya lebih tebal karena bobot tubuhnya lebih besar. Bebek pedaging biasanya dari jenis bebek Aylesbury, bebek Muscovi, bebek Peking.

  • Bebek Jawa

Bebek Jawa merupakan bebek asli Indonesia yang banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Bebek jenis ini sangat produktif dalam menghasilkan telur.

Bebek ini bisa bertelur dalam setahun kurang lebih 250 – 300 butir. Usia produktif bebek Jawa bertelur adalah pada usia 5 – 6 bulan dan bisa tetap produktif sampai usia 2 tahun.

  • Bebek Bali

Bebek Bali berasal dari pulau Bali. Bebek Bali memiliki kemampuan bertelur sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan bebek Alabio atau bebek Jawa.

Dalam setahun, bebek Bali bisa menghasilkan telur kurang lebih 140 – 145 butir. Usia produktif bebek Bali untuk bertelur adalah sekitar usia 6 bulan. Awalnya, bebek Bali ini merupakan bebek liar yang didomestifikasi oleh petani di Bali.

  • Bebek Kalimantan

Bebek Kalimantan sering sebut juga dengan bebek Alabio. Bebek Alabio ini merupakan bebek yang banyak dipelihara untuk diambil telurnya.

Pasalnya, telur bebek Alabio memiliki kelebihan lebih besar jika dibandingkan dengan bebek Jawa. Bebek Alabio bisa bertelur dalam setahun mencapai 150 – 225 butir.

  • Bebek Indian Runner

Indian Runner merupakan bebek impor berasal dari Belgia dan Belanda. Namun, bebek jenis ini sangat cocok dibiakkan di iklim Indonesia.

Bentuk bebek Indian Runner sangat mirip bebek Jawa dan berwarna cokelat. Bebek Indian Runer bisa bertelur dalam setahun mencapai 250 butir.

2). Persiapan Kandang

Persiapan Kandang Bebek
Persiapan Kandang Bebek

Kandang bebek memiliki beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki dirumah sebagai berikut :

  • Kandang Postal

Kandang jenis ini berupa bangunan yang memiliki atap dan dinding. Dinding bisa terbuat dari bambu. Kawanan bebek dibebaskan dalam lingkungan kandang.

Di dalam kandang sudah difasilitasi dengan tempat pakan dan minum dan dasar kandang biasanya beralaskan tanah atau ditaburi dengan sekam.

  • Kandang Pekarangan

Kandang tipe ini berupa sebuah pekarangan atau halaman yang sekelilingnya diberi pagar. Aktivitas bebek akan dilakukan dalam pekarangan yang telah disediakan. Namun, kandang tambahan perlu disediakan untuk tempat berteduh pada malam hari atau saat hari hujan.

  • Kandang Baterai

Kandang jenis ini berupa sebuah kotak yang terbuat dari bambu. Penggunaan kandang ini membuat bebek tidak bisa bergerak dengan bebas karena keterbatasan ruang gerak. Biasanya kandang jenis ini digunakan dengan tujuan produksi telur atau pembibitan.

Dengan mengenal tipe kandang bebek yang telah disebutkan, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan dengan lahan yang Anda miliki dan tujuan beternak bebek.

3). Pemilihan Bibit Bebek

Pemilihan Bibit Bebek
Pemilihan Bibit Bebek

Agar hasil ternak bebek maksimal, sebaiknya kita mulai memilih bibit bebek yang berkualitas seperti :

  • Pilih bibit yang lincah, kakinya kokoh dan tidak cacat
  • Nafsu makannya bagus dan bobotnya kurang lebih 40 gram
  • Mata jernih, tidak buta dan sehat
  • Bulu kering, bersih dan tidak kusut

Anda bisa mendapatkan bibit bebek dari membeli telur tetas kemudian ditetaskan sendiri dengan incubator, membeli DOD dari toko peternakan, atau jika Anda sudah memiliki indukan jantan dan betina berkualitas bisa Anda kawinkan sendiri dan melakukan penetasan sendiri.

4). Cara Pemberian Makan Ternak Bebek yang Bernutrisi

Cara Pemberian Makan Ternak Bebek yang Bernutrisi
Cara Pemberian Makan Ternak Bebek yang Bernutrisi

Pakan berperan untuk menghasilkan bebek yang berkualitas. Ada dua jenis pakan yang biasa digunakan dalam ternak bebek yakni pakan konsentrat dan pakan alami.

Pakan alami bisa dengan memberikan kepala udang atau keong, sayuran dan lain – lain. Sementara pakan konsentrat, peternak bisa membelinya di toko pakan ternak.

Pemberian pakan pada bebek yang baru menetas sampai 21 hari, pakan disajikan dalam baki pakan. Namun, untuk bebek usia 21 hari ke atas, pakan bisa disebar di lantai. Sementara itu, untuk pemberian minum pada bebek usia 0 – 7 hari, pada minum sebaiknya ditambahkan vitamin .

Demikian, cara beternak bebek yang mudah diterapkan bagi pemula. Bagi peternak yang masih pemula, memerhatikan kesehatan bebek atau kebersihan kandang sangat penting untuk menghindari timbulnya penyakit yang bisa menyerang bebek Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *