6 Cara Merawat Burung Lovebird

Posted on

Cara Merawat Burung Lovebird – Lovebird merupakan burung yang lucu untuk dipelihara. Burung ini sangat popular karena selain mungil dan lucu, pemilik juga bisa menikmati keindahan warna, tingkah laku yang lucu dan suaranya.

6 Cara Merawat Burung Lovebird
6 Cara Merawat Burung Lovebird

Tujuan orang memelihara burung lovebird berbeda –beda, ada yang ingin sebagai hewan peliharaan saja, diasah suaranya untuk menjadi hewan kontes atau untuk keperluan budidaya untuk dijual.

Burung ini berasal dari daratan Afrika dan bisa dengan mudah beradaptasi dengan hampir di semua iklim termasuk di Indonesia ini.

Di Indonesia yang memiliki iklim tropis ini, Lovebird bisa tumbuh dan berkembang dengan baik asalkan dirawat dengan baik dan benar.

Cara Merawat Burung Lovebird

Lalu, bagaimana cara perawatan yang tepat untuk burung Lovebird?

Simak ulasannya berikut !

Melakukan perawatan pada Lovebird tidak bisa dilakukan secara cepat, semuanya butuh proses. Namun, hasil dari perawatan akan terlihat memuaskan dari waktu ke waktu.

Tentunya, kita ingin selalu melihat Lovebird kita bulunya tetap indah, lincah dan selalu sehat.

Oleh sebab itu, diperlukan perawatan mulai dari perawatan dari dalam tubuh lovebird itu sendiri hingga perawatan kandang. Perawatan pada Lovebird yang baik dan benar sebagai berikut :

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Dalam memberikan perawatan pada Lovebird tidak hanya dari tubuhnya saja, namun kebersihan kandang juga tidak bisa dianggap remeh. Kebersihan kandang adalah penentu faktor kesehatan burung Lovebird.

Pasalnya, banyak burung yang sakit karena pemilik mengabaikan kebersihan kandang. Kandang yang kotor sangat mudah menjadi tempat perkembangan bakteri dan virus sehingga dapat menginfeksi burung.

Akibatnya, burung menjadi lemas dan malas untuk bergerak aktif. Pembersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari agar suasana dalam kandang selalu bersih dan burung nyaman berada di dalamnya.

2. Penjemuran dan Pengembunan Lovebird

Pengembunan pada Lovebird juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Kegiatan ini bertujuan agar burung Lovebird tetap sehat, tenang, tidak stress dan bugar.

Pengembunan dilakukan pada pagi hari mulai pukul 4 pagi hingga matahari terbit dengan cara menggantung sangkar Lovebird di teras atau halaman rumah.

Setelah melakukan pengembunan, pemilik bisa melanjutkan pada kegiatan penjemuran agar bulu Lovebird tidak dalam keadaan lembab yang biasanya dimanfaatkan kutu dan jamur untuk berkembang.

3. Melatih Kicauan

Tidak hanya dinikmati keindahan bulunya, Lovebird juga sangat penting untuk dilatih suaranya agar menghasilkan kicauan yang indah.

Melatih kicauan Lovebird bisa dilakukan saat burung berumur 5 bulan. Hal ini karena pada usia tersebut, burung masih belum banyak mengeluarkan suara kicauan.

Sementara itu, cara melatihnya adalah dengan melatih dengan memberikan suara masteran sebagai lawan latihan. Pemilik juga bisa menggunakan audio suara kicauan burung yang didapatkan dari Internet.

4. Pemberian Pakan

Jenis makanan Lovebird ada bermacam – macam dan pakan yang diberikan juga selain bisa memengaruhi kondisi tubuhnya, juga bisa memengaruhi kicauannya.

Contoh makanan yang bisa diberikan pada Lovebird adalah jagung manis, buah apel, biji kenari, kangkung, tauge, kwaci, sawi, juwawut, millet.

Selain bahan pakan di atas, ternyata terasi juga memiliki manfaat yang besar untuk Lovebird. Bagi burung Lovebird yang mengalami penurunan gairah, solusinya adalah dengan memberikan terasi.

Selain bagus menaikkan gairah manggung pada burung, ternyata terasi juga bagus untuk membentuk suara kicauan burung.

Hal ini karena terasi dihasilkan dari udang rebon atau ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Aturan pemberian terasi untuk burung Lovebird adalah seminggu sekali.

5. Memandikan Lovebird

Perawatan selanjutnya yang bisa diberikan pada Lovebird agar selalu sehat adalah dengan memandikan Lovebird secara rutin.

Ini bertujuan agar bakteri maupun kutu yang menempel pada bulu hilang dan berkurang. Cara ini juga sebagai pencegahan terhadap penyakit.

Cara memandikan burung adalah dengan menyemprotkan air dalam botol sprayer ke arah Lovebird. Memandikan burung pada pagi dan siang hari tepat pukul 7 – 8 pagi atau pukul 12 – 1 siang.

6. Pemberian Vitamin pada Lovebird

Perawatan terakhir adalah memberikan vitamin pada Lovebird agar kebutuhan vitamin pada Lovebird terpenuhi. Adapun fungsi vitamin untuk Lovebird adalah sebagai berikut :

  • Mempercepat pertumbuhan calon indukan dan burung yang masih muda
  • Menyiapkan sel – sel reproduksi rahim bagi burung betina yang siap kawin
  • Meningkatkan kesuburan dan proses reproduksi
  • Memperbanyak daya tetas telur
  • Membantu proses penyembuhan bagi Lovebird yang sakit

Pemilihan vitamin yang bagus untuk Lovebird tidak selalu mahal harganya. Pemilik burung Lovebird harus jeli dalam membaca kandungan pada vitamin.

Anda bisa memilih vitamin dengan kandungan bahan alami karena tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, disarankan membeli vitamin di toko ternak terpercaya.

Contoh vitamin yang bagus untuk Lovebird adalah Vitasel (untuk kesehatan rahim), Supernova (untuk meningkatkan stamina Lovebird), Ultimate (untuk meningkatkan mental dan stamina), Smart NHB(mengatasi kurang birahi atau kurang gacor).

 Nah, itu semua adalah cara merawat Lovebird agar tetap sehat, lincah dan suaranya tetap gacor.

Cara di atas sangat mudah dilakukan karena tidak memerlukan biaya mahal, hanya butuh ketelatenan saja. Tentunya cara di atas tidak akan berat dilakukan oleh seorang pecinta burung. Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *