5 Cara Merawat Burung Kenari Bakalan

Posted on

Cara Merawat Burung Kenari Bakalan – Jika Burung Kenari diberi perawatan yang baik tentunya akan menghasilkan banyak keuntungan, Burung kenari bisa sehat lincah dan akan sering bernyanyi, jika demikian maka suasana sekitar rumah akan sangat indah karena kicauan Burung Kenari yang cantik tersebut.

5 Cara Merawat Burung Kenari Bakalan
5 Cara Merawat Burung Kenari Bakalan

Keuntungan lainnya jika Burung Kenari diberi perawatan yang tepat bukan hanya untuk kicau dirumah saja, namun akan bisa diikut sertakan untuk mengikiti kontes.

Lomba/kontes Burung Kenari saat ini sangatlah banyak, mulai dari tinggat lokal hingga nasional, jadi alangkah baiknya jika Anda memiliki Burung Kenari berketurunan unggul dan diberikan perawatan yang tepat.

Cara merawat Kenari ini tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan, siapa saja dapat melakukannya karena sangat sederhana sekali.

Burung Kenari pada intinya membutuhkan kandang dan area yang nyaman, pakan dan minuman, dan juga beberapa pakan tambahan, vitamin, mineral, obat-batan jika terkena penyakit dan beberapa perawatan tambahan lainnya.

Burung Kenari juga perlu dipotong kukunya bila sudah memanjang dan bengkok kebawah, jikda tidak dipotong Burung Kenari akan kesusahan saat hinggat di tangkringan sangkar.

Cara Merawat Burung Kenari Bakalan

Berikut ini kita akan bahas mengenai tata cara merawat burung kenari bakalan, simak penjelasannya!

1. Jangan menempatkan sangkar Burung Kenari pada area yang dapat terkena hembusan angin secara langsung.

Langkah awal yang harus dilakukan dengan benar adalah tentang penempatan sangkar pada lokasi yang tepat, nyaman, dan juga terhindar dari pemicu stressnya Burung Kenari yang Anda rawat.

Sangat penting untuk tidak menempatkan sangkar pada lokasi yang terkena hembusan angin secara langsung, sebaiknya ada tembok/penghalang yang melindungi sangkar Burung Kenari dari hembusan angin langsung.

Hindarkan penempatan sangkar seperti menaruh sangkar didekat jendela, pintu, atau bahkan kipas angin.

Hembusan angin kencang langsung dapat mempengaruhi kesehatan Burung Kenari, ungga sangat tidak menyukai hembusan angin yang secara langsung, bahkan pada ayam akan langsung terserahg penyakit seperti ngorok dan snot jika terkena hembusan angin kencang saat malam hari.

Begitu juga dengan Burung Kenari yang mudah sakit jika terkena hembusan angin kencang secara langsung.

2. Penempatan sangkar Burung Kenari jangan terkena sinar matahari secara langsung

Penempatan sangkar burung sangatlah penting untuk tidak menempatkan sangkar Burung Kenari pada area yang terkena sinar matahari langsung, ini sangat tidak baik karena dapat menyebabkan menurunnya kesehatan pada Burung Kenari yang akan berakibat stress dan bahkan akan mati mendadak (heat stroke).

Jadi diharapkan agar menempatkan sangkar Burung Kenari pada lokasi yang teduh dan aman dari sinar matahari langsung, terik sinar matahari sangat tidak baik untuk kesehatan Burung Kenari.

3. Air bersih harus harus selalu tersedia di sangkar burung

Dalam cara merawat burung Kenari yang baik dan benar ini juga termasuk selalu menyediakan air bersih untuk minuman siBurung mungil tersebut.

Burung Kenari ini termasuk jenis Burung yang banyak minum karena Burung Kenari memiliki metabolisme tubuh yang tinggi.

Burung Kenari tidak akan mampu bertahan hidup selama 24 jam bila tidak minum sama sekali, jadi hal ini merupakan paling penting untuk menjaga kesehatan Burung Kenari.

Sangat baik apabila Burung Kenari selalu disediakan air bersih yang tidak dari keran/bak langsung, namun akan sangat baik jika air minum Burung Kenari ini dari air mineral kemasan yang bermerek atau air isi ulang.

Hal ini bertujuan agar meminimalisir air yang mengandung kaporit berlebih. Jika hal ini terpenuhi maka kita bisa lanjut ketahap perawatan Burung Kenari selanjutnya.

4. Selalu menyediakan makanan didalam sangkar berupa biji-bijian yang disukai Burung Kenari

Burung Kenari merupakan jenis Burung kecil pemakan biji-bijian, jika dilihat dari bentuk paruh sangat jelas bahwa Burung ini adalah pemakan biji-bijian.

Jadi dapat disimpulkan bahwa makanan pokok Burung Kenari merupakan biji-bijian. Jadi selalu menyediakan stok pakan berupa biji-bijian didalam sangkar merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Pakan biji-bijian yang paling bagus untuk Burung Kenari adalah seperti canary seed, millet dan niger seed, namun akan lebih sempurna jika ketiganya dicampur dan ditempatkan dalam satu wadah.

Hal ini agar membuat Burung Kenari nyaman dalam sangkar karena terdapat banyak jenis makanan favoritnya, tidak bosan, dan tentunya lahap. Jadi pakan biji-bijian untuk Burung Kenari adalah menu wajib setiap harinya.

5. Memberi Asupan Multivitamin atau suplemen untuk menjaga dya tahan tubuh Burung Kenari

Sebenarnya dari makanan yang dikonsumsi oleh Burung Kenari setiap harinya seperti pada makanan pokok meliputi biji-bijian seperti canary seed, millet dan niger seed atau pakan tambahan sayur-sayuran dan buah-buahan seperti apel, brokoli, wortel selada sebenarnya juga mengandung vitamin.

Tetapi jika Anda ingin memiliki Burung Kenari yang selalu bunyi dengan performa terbaiknya disetiap hari seharusnya kebutuhan vitamin Burung Kenari harus terpenuhi, jika mengandalkan hanya pakan pokok dan tambahan saja masih kurang, jadi pemberian multivitamin ini diharapkan agar kebutuhan vitamin Burung Kenari setiap harinya selalu terpenuhi.

Yang harus Anda tau bahwa vitamin sangatlah berbeda dengan energi metabolisme, lemak, protein dan juga serat kasar yang dapat diberikan dengan takaran perkiraan seperti pada pemberian pakan seed, millet, niger seed, selada, wortel, sampai apel.

Jika pada seorang peternak ayam dapat mengira-ngira porsi pakan/susunan ransum untuk energi metabolisme, kadar protein, lemak, dan serat kasar, tetapi untuk Burung Kenari tidaklah dapat diperkirakan susunan ransum tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *