Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Sapi dan Kambing

Posted on

Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Sapi dan Kambing – Kutil termasuk jenis penyakit umum yang menyerang berbagai peternakan sapi dan kambing yang berusia di bawah 2 tahun.

Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Sapi dan Kambing
Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Sapi dan Kambing

Kutil pada sapi atau kambing biasanya muncul di area kepala atau leher. Penyakit kulit ini muncul disebabkan oleh virus papillomatoma.

Bakteri papillomatoma masuk kulit melalui lesi (kulit retak atau pecah-pecah) dan mulai berkembang sebagai kutil.

Meski kutil pada sapi dan kambing tak mengganggu kondisi kesehatan secara serius, tapi kehadirannya cukup mengganggu dan bisa menurunkan harga di pasar hewan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ikan Louhan yang Kembung

Penyebab Kutil Pada Sapi dan Kambing

Penyebab utama kutil yaitu virus papilloma yang mampu menyebar lewat kontak kulit hewan yang sudah terinfeksi ke hewan lain yang belum. Selain dengan kontak langsung, virus juga bisa menyebar lewat air minum, tempat makan, dan peralatan lain yang sudah terpapar virus.

Karena disebabkan oleh virus yang sangat spesifik, menghilangkan kutil di sapi dan kambing bukan tugas yang mudah dilakukan, terlebih jika dilakukan sendiri. Jikapun kutil berhasil diangkat misalnya, itu belum tentu membebaskan hewan dari penyakit kutil sepenuhnya.

Sebenarnya ada enam tipe virus papilloma, dan tiap jenis virus menyerang hewan di area tubuh berbeda. Virus tersebut umumnya hanya menghasilkan masalah minor pada kulit. Kutil sapi dan kambing biasanya berbentuk kering, berwarna putih dan cokelat, dan tumbuh keluar dari kulit.

Lokasi Penyebaran Kutil

Kutil umumnya muncul di area kepala, leher, dan bahu. Tapi dalam beberapa kasus, kutil juga bisa ditemukan di area sensitif seperti alat kelamin jantan dan betina.

Sapi dan kambing yang berusia muda paling rentan terkena kutil, salah satu sebabnya karena sistem imun belum bekerja sempurna.

Selama fase pertumbuhan, hewan muda masih menerima ‘bantuan’ imun dari induknya dari kolostrum sampai sistem imunnya berkembang sendiri untuk merespon pathogen sesuai kondisi lingkungan. Itu sebabnya, lingkungan tempat tumbuh juga harus jadi perhatian supaya hewan bebas kutil

Masa Perkembangan Kutil

Kutil akan terlihat jelas setelah berumur 2 bulan dan bisa bertahan lebih dari satu tahun atau lebih. Sistem imun hewan sebenarnya akan berkembang 3-4 minggu setelah infeksi terjadi untuk merespon kutil. Meski demikian, kutil bisa tumbuh lagi dengan jarak yang tak bisa ditentukan.

Pertumbuhan kutil cenderung terisolasi dan peredaran darahnya tak mengikuti aliran darah tubuh. Dengan begitu, meski sapi atau kambing mampu mengembangkan sistem imun untuk merespon kutil, tapi hasilnya tak selalu efektif. Itu sebabnya dibutuhkan bantuan manusia untuk mengobatinya.

Kutil dikategorikan sebagai penyakit yang punya batasan umur, meski durasi penampakan kutil bisa berbeda dari satu ke hewan lain. Jika kondisi tempat pemelihaan buruk, kutil bisa berkembang lebih cepat dan lebih besar dibanding ukuran normalnya.

Mengobati Kutil Pada Sapi dan Kambing Dengan Vaksin

Beberapa jenis pengobatan kutil untuk sapi dan kambing sudah ditemukan, salah satunya dengan pemberian vaksin. Tapi karena kutil punya periode inkubasi yang panjang, satu kelompok ternak umumnya bisa terinfeksi oleh virus yang sama, hanya saja waktu munculnya yang berbeda-beda.

Pemberian vaksin biasanya dilakukan dalam kurun waktu 3-5 minggu setelah kutil mulai diidentifikasi. Beberapa vaksin obat kutil sudah tersedia dalam banyak jenis, meski kadang hasilnya tak terlalu efektif, apalagi jika ukuran kutil sudah terlalu besar.

Sebagaimana fungsi dasarnya, vaksin umumnya digunakan sebagai alat pencegahan penyakit. Vaksin memang bagus dalam menstimulasi sistem imun guna memerangi virus, tapi efeknya tidak terlalu efektif jika digunakan untuk kutil yang sudah berkembang hingga berukuran besar.

Mengobati Kutil Pada Sapi dan Kambing Dengan Bedah

Banyak yang merekomendasikan untuk mengobati kutil pada sapi dan kambing dengan prosedur bedah (dari dokter hewan) jika kutil sudah mulai tampak. Sebagian lagi menyarankan agar menunggu kutil berkembang sampai ukuran maksimal untuk mencegah tumbuh kembali.

Walau demikian, ada juga saran agar kutil dihancurkan atau dihilangkan sedari kecil saat pertama kali terlihat, meski prosedur kadang harus diulang sampai beberapa kali untuk memastikan kutil tak tumbuh lagi. Karena sifatnya menular, baik sapi atau kambing yang terkena kutil sebaiknya diisolasi.

Satu-satunya cara paling efektif menghilangkan kutil di sapi dan kambing memang harus dibedah. Bedah yang dimaksud di sini yaitu dengan dipotong. Kutil merupakan penyakit kulit yang seolah bisa hidup sendiri, jadi tak perlu takut untuk memotong sendiri karena tak akan melukai hewan.

Untuk melakukannya, gunakan pisau tajam dan siapkan perban juga obat merah. Posisikan hewan sesuai lokasi kutil berada untuk mempermudah pelepasan kutil.

Pada prosesnya, potong kutil sampai rata dengan kulit lalu berikan obat merah guna mencegah infeksi lalu terapkan perban.

Jika tak bisa memotong, masih ada cara mengobati kutil pada sapi dan kambing yang lain meski akan butuh waktu. Caranya yaitu dengan mengikat kutil dengan benang atau bahan lain di bagian pangkal guna mencegah perkembangannya sehingga kutil mati dengan sendirinya.

Baca Juga : Tipe Kandang Kambing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *