5 Cara Memelihara Ikan Arwana di Dalam Aquarium

Posted on

Cara Memelihara Ikan Arwana di Dalam Aquarium – Jika Anda mempunyai hobi mengoleksi ikan hias, tentunya sudah pernah mendengar ikan arwana bukan?

5 Cara Memelihara Ikan Arwana di Dalam Aquarium
5 Cara Memelihara Ikan Arwana di Dalam Aquarium

Ikan arwana menjadi salah satu ikan hias yang hidup di air tawar yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Ikan yang memiliki nama latin Scleropages formosus memiliki badan yang panjang, sirip dubur terlatak jauh di belakang badan, warna yang indah, dan juga bentuk tubuh yang elegan sehingga akan memanjakan mata yang melihat. Terlebih jika ditaruh di aquarium lengkap beserta hiasannya.

Tubuh ikan arwana bisa memanjang hingga 90 cm bahkan ada beberapa ikan arwana tertentu yang bisa mencapai 250 cm.

Sudah menjadi rahasia umum tentang seberapa mahal harga ikan arwana ini. Karena memang ikan ini selain menjadi salah satu komoditas ikan hias bernilai tinggi, penampilan serta gerakannya pun tak ayal sedikit kurangnya akan mengundang decak kagum mereka yang melihat langsung.

Jika Anda ingin memelihara ikan arwana, sobat harus memiliki uang yang cukup merogoh dompet Anda, sebab harga ikan ini tergolong mahal.

Tapi tentu itu semua tergantung pada jenisnya masing-masing. Kalau anda membeli ikan arwana jenis silver mungkin sedikit lebih murah, hanya berkisar Rp.60.000 sampai Rp90.000 (arwana anakan).

Sedangkan untuk jenis golden red dan super red bisa sampai berjuta-juta tergantung pada kualitas corak warnanya. Tak sedikit orang yang senang memelihara ikan arwana meski harga Ikan Arwana tergolong mahal.

Dengan harganya yang mahal, tentunya Anda ingin merawat ikan arwana dengan cara yang benar bukan?

5 Cara Memelihara Ikan Arwana di Dalam Aquarium

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai cara memelihara ikan arwana di aquarium yang bisa Anda praktikan.

1. Siapkan Aquarium

Jika Anda merawat ikan arwana maka yang pertama harus Anda lakukan adalah menyediakan wadah untuknya. Umumnya orang orang menggunakan aquarium.

Karena lebih simple dan bisa mempercantik ruangan. Namun perlu diingat bahwa ikan ini memiliki pertumbuhan cepat maka Anda pun harus menyediakan ukuran yang ideal paling tidak panjang 1,5 meter, tinggi 60cm, dan lebarnya 75 cm.

Perhatikan ukuran akuarium, mengingat arwana membutuhkan ruang yang cukup luas untuk bergerak leluasa, akan lebih baik Anda memperhatikan dan melebihkan ruang akuarium untuk ikan arwana tersebut.

Cari akuarium yang memiliki tutupnya dan ada celah untuk udara masuk. Dikarenakan ikan ini memiliki naluri melompat dari air untuk makan.

Saat memelihara ikan arwana di dalam akuarium, Anda harus memperhatikan penempatannya. Jangan diletakkan di tempat-tempat yang terlalu bising dan ramai sebab akan mengakibatkan si ikan stress.

Selain itu temperatur dan PH airnya juga mesti diatur. Temperatur air yang ideal untuk aquarium berkisar 26 sampai 30 derajat Celcius dan untuk PH airnya kira-kira 5,6 atau 8 saja.

2. Pasang Perlengkapan Aquarium

Agar kondisi dan kebersihan air tetap terjaga maka sobat wajib menambahkan aksesoris-aksesoris lainnya seperti aerator, filter, lampu TL dan bila perlu ditambahkan heater.

  • Aerator memiliki fungsi untuk supply udara dari dalam aquarium sehingga kadar oksigen di dalam aquarium bisa tetap terjaga.
  • Pasanglah filter untuk menyaring kotoran atau sisa makanan yang ada, sehingga kebersihan airnya akan tetap terjaga dan juga dapat membersihkan bakteri-bakteri yang ada di dalamnya.
  • Lampu TL memiliki fungsi untuk mempercantik aquarium saat siang atau malam hari. Fungsi lainnya itu berguna sebagai pengganti sinar matahari apabila di dalamnya terdapat tumbuhan air. Aquarium dengan luas 80×40 cm biasanya memakai lampu TL 20 Watt.
  • Kemudian ada Heather yang digunakan untuk menjaga temperature normal suhu airnya sehingga akan menenangkan ikan arwana.
  • Hiasan dalam akuarium usahakan jangan terlalu ramai atau sepi dengan alasan untuk menjaga gerak ikan arwana itu sendiri, karena hiasan yang terlalu banyak akan membuatnya sulit bergerak secara elegan.

3. Memilih Anakan Ikan Arwana

Ukuran anakan ikan normal yang biasanya dijual di pasaran yaitu 10-12 cm. Perhatikan sebelum membeli, pastikan Ikan Arwana sehat dan berprilaku aktif.

Anda bisa mengujinya dengan memberikan makanan pada ikan dan lihat bagaimana reaksi dari ikan tersebut apakah mengejar dan melahap makanan tersebut atau tidak.pilihan Ikan Arwana yang terbaik biasanya varietas  jenis Super Red atau Golden red.

Sebagai pemula, Anda bisa memilih jenis Arwana Pino (green arwana) atau Arwana brazil (Silver) yang harganya cukup terjangkau.

4. Pilih Pakan yang Baik

Pemberian makanan ikan bisa dilakukan satu hari setelah menempati lingkungan baru. Selanjutnya beri makan dua kali sehari pagi dan sore secukupnya.

Pastikan makanan habis dan tak mengendap karena bisa menimbulkan sumber penyakit. Tambahkan jumlah dari makanan sesuai tumbuh perkembangan ukuran tubuh Ikan Arwana.

Awal mula pemeliharaan, Anda bisa memberikan jangkrik, kemudian memberi makan menu lain seperti lipan, cicak, kecoa dan ikan kecil.

Dalam penggunaan pakan hidup, sebaiknya buang dahulu bagian tubuh pakan yang dapat melukai tubuh maupun mulut dari Ikan Arwana akuarium.

Seperti kaki, tanduk, duri kepala udang maupun kaki. Anda harus membuat pakan dilemahkan dahulu agar Ikan Arwana tidak terlalu lelah karena kesulitan dalam menangkap mangsanya.

5. Jaga Kualitas Air dan Aquarium

Air pada akuarium Ikan Arwana haruslah bersih karena akan mengandung larutan oksigen yang membuat ikan nyaman berenang dalam akuarium.

Warna dari air sehat yaitu bening tak berwarna dan tak berbau. Yang terpenting adalah air tersebut adalah air tawar.

Air yang jarang diganti mengandung sedimen maupun endapan organik sisa – sisa kotoran dan makanan dari Ikan Arwana.

Bila berlangsung lama akan mempengaruhi kesehatan akuarium tersebut. Maka ganti bila sudah terlihat berbau maupun banyak sedimen pada dasar akuarium.

Air baru sebaiknya diendapkan dahulu selama satu hari. Menggantinya juga secara bertahap dengan mengganti  20 persen kemudian 50 persen.

Bersihkan kotoran pada akuarium setiap hari, untuk membersihkannya Anda bisa lakukan secara perlahan yang tidak mengganggu Ikan Arwana. Alat yang digunakan juga bisa didapat di toko ikan hias seperti penyedot maupun jaring untuk akuarium.

Baca Juga : Cara Ternak Ikan Lele Bioflok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *