Cara Membuat Jebakan Burung

Posted on

Cara Membuat Jebakan Burung – Kearifan lokal berasal dari dua kata yang berbeda yakni kearifan dan lokal. Kearifan (wisdom) bermakna pengetahuan yang berkenaan dengan penyelesaian suatu masalah untuk mewujudkan keseimbangan lingkungan dan keserasian sosial.

Cara Membuat Jebakan Burung
Cara Membuat Jebakan Burung

Sedangkan istilah lokal berarti setempat (kawasan provinsi, kabupaten, atau desa). Perilaku masyarakat sebagai bentuk kearifan lokal dalam pelestarian lingkungan digambarkan dengan cara yang sesuai dengan pola pikir dan tradisi masyarakat itu sendiri.

Contoh perilaku masyarakat tersebut dapat kita lihat pada teknik penangkapan burung yang ramah lingkungan.

Menurut Wikipedia, secara umum jebakan atau perangkap memiliki arti sebagai suatu alat yang digunakan dengan tujuan untuk mendeteksi, mengancam, atau menangkap pengacau, baik manusia, hewan, hama, atau dalam suatu permainan, bentuk jebakan ini bisa berbentuk benda fisik, seperti sangkar atau jerat, maupun hanyalah konsep metafora.

Masyarakat melakukan penangkapan burung tanpa merusak ekosistem serta menyakiti burung yang ditangkap.

Penangkapan burung secara legal dengan menggunakan bahan dan alat dari alam, serta berbagai macam bentuk pantangan, larangan, pepatah-petitih dan berbagai tradisi lainnya dapat mengungkapkan beberapa pesan yang memiliki makna sebelum melakukan penangkapan burung.

Cara Membuat Jebakan Burung

Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai tata cara membuat jebakan burung yang ramah lingkungan dan pastikan Anda tidak menyakiti burung yang ditangkap dan merusak ekosistem ya! Simak penjelasan berikut ini!

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Meja kayu bisa juga Anda memakai tripleks atau plywood, dengan ukuran yang sesuai Anda butuhkan sendiri.
  2. Setelah itu siapkan kawat atau tali biasanya digunakan sebagai jemuran.
  3. Siapkan jaringan, jala atau net.
  4. Lempengan atau seng adalah aluminium.
  5. Paku dan alat pengrajin lainnya.
  6. Cara Membuat Perangkap Trap Sederhana

Langkah-langkah membuat jebakan burung:

  1. yang pertama siapkan meja pada bagian tengah yang digunakan untuk di pasang pin. Pin ini dibuat menggunakan kawat yang telah dipotong kecil-kecil, nanti jangan lupa untuk dibengkokan menjadi bentuk kurva.
  2. Kemudian yang harus dilakukan selanjutnya adalah siapkan kawat pada bagian ujungnya kemudian masukan melalui lubang pin. Agar diameter tidak lebar dari papan tersebut, lakukan hal yang sama pada ujung kawat lainnya.
  3. Buatlah bengkokan pada salah satu bagian ujung kawat agar menjadi pegas, dan pada ujung lainnya juga
  4. Lakukan percobaanapakah kawat tersebut akan kembali pada posisi semula saat mau diangkat. Selanjutnya pasang pin yang berfungsi menahan jeratan ketika akan digunakan, jika Anda sudah mencoba kawat yang tadi dan bisa kembali ke posisinya.
  5. Bikin pemicu atau pelatuk yang terbuat dari seng atau alumunium.
  6. Lalu lakukan pin dengan bentuk kotak yang dipasang disebelah selipat flat seng dan jeratan.
  7. Kemudian yang harus dilakukan adalah mepotong kawatnya, selanjutnya masukan pada pin di yang berada di sebelah belakang yang digunakan menahan jeratan. Dan yang harus dilakukan adalah ujung lainnya diselipkan ke dalam lubang yang berada pada flat alumunium.
  8. Kemudian siapkan jaringan, Silahkan pasang kawat yang berbentuk lingkaran hal ini berfungsi sebagai penjerat.
  9. Tahap yang terakhir adalah pasang dua paku yang berfungsi sebagai pengunci ketika jaring tersebut jatuh atau menutup.
  10. Kini penjerat sudah siap dilakukan

Jenis-jenis Trap atau Jebakan Binatang

1. Ground Snare

Ketahuilah bahwa Perangkap ini di buat pada jalur atau jalan yang sering dilewati oleh hewan yang kita buru, Jadi kita harus bisa membedakan mana yang jalur hewan mana yang tidak.

Jerat yang kuat akan sangat dibutuhkan dalam jenis jebakan ini atau menggunakan tali yang bagus seperti kabel, kawat senar pancing tebal dll.

2. Spring Snare

Perangkap jenis ini menggunakan simpul geser (laso knot) pada tali perangkap. Perangkap ini digunakan untuk binatang yang berukuran kecil, contohnya seperti burung. Dalam perangkap ini digunakan tali sederhana yang diletakan secara bergantung.

Kemudian beri umpan pada tali laso yang diikatkan pada dahan pohon atau batu yang berat. Sehingga apabila hewan telah terjerat, tidak bisa pergi kemana-mana lagi.

Jenis perangkap ini cocok juga digunakan untuk kelinci atau binatang yang lebih besar seperti rusa.

3. Spring Deadfall Trap

Perangkat jenis ini dipengaruhi oleh berat benda yang diletakan diatas untuk menimpa hewan yang melintas di  daerah bawahnya.

Pada dasarnya jika ada  hewan yang melintas atau ingin memakan umpan, secara otomatis akan menyentuh sistem perangkap, kemudian beban yang ada diatasnya jatuh menimpanya. Biasanya perangakap jenis Spring Deadfall Trap untuk hewan karnivora dan pengerat misalnya untuk hewan tikus.

Perangkap lain yang serupa dengan perangkap jenis Spring Deadfall Trap ditujukan untuk menangkap binatang kecil lainya merupakan perangkap menimpa. P

erangkap ini memanfaatkan berat kayu untuk menindih. Model ini juga dikenal dengan nama Deadfall Snare. Hal penting yang wajib diperhatikan adalah :

  1. Pada Batang pohon besar ditumpukan pada kayu pohon lainya agar bisa saling menopang.
  2. Kayu pohon yang digunakan sebagai penopang akan saling berhubungan dengan batang pohon besar atau batuan yang kita buat dan jika salah satu tersenggol oeh hewan yang berada dibawahnua, maka yang lain akan jatuh dan menimpa hewan tersebut.
  3. Umpan diletakan pada daerah kayu pohon penopang. ketahuilah apabila bergiyang karena ada hewan yang datang, maka kayu pohon penopang akan bergeser atau pindah sehingga batang pohon besar yang berada di atasnya akan jatuh menimpa hewan tersebut.

4. Trap Tali Sederana

Khusus untuk hewan buruan yang berukuran kecil pastikan menggunakan perangkap tali sederhana yang diletakan di atas tanah ataupun bisa digantung.

Berilah umpan pada Tali laso kemudian diikatkan pada dahan pohon yang berada disekita penjerat. Sehingga apabila hewan telah terjerat, tidak bisa pergi kemana-mana lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *